Translate

Senin, 23 Desember 2013

MEMBUAT CHARGER DESKTOP LEBIH AWET DENGAN PENDINGIN

Bismillah, haloo sahabat blogger...! Apa kabar? Kali ini saya akan membahas soal charger desktop. Ya charger yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga kita, pernah punya desktop ini? Kalo iya pasti punya keluhan misal charger yang umur pendek alias gampang rusak atau gampang panas sehingga umur barang pemakaian tidak lama.Lalu apa solusi yang akan saya berikan? Cukup simpel saya berpikir bahwa alat ini gampang sekali menghasilkan hawa panas selama pemakaian so dapat merusak bagian sirkuit di dalamnya, makannya saya kasih solusi yaitu dengan  menempelkan pendingin berupan fan.
yaitu fan yang biasanya ada di dalam PC, di gunakan sebagai pendingin prosesor atau VGA card. kita bisa memanfaatkan/memodifikasi fan tersebut untuk sistem cooling pada charger desktop.
Alat yang dibutuhkan adalah :

1. Charger Desktop







   


 2. Kipas pendingin PC disini saya menggunakan bekas pendingin processor PIII yang berukuran kecil.









3. Adaptor 12 Volt.













4. Langkah pertama lubangi bagian bawah charger dengan Cutter, lihat gambar, lubang ini berguna agar angin yang masuk kedalam lebih maksimal dan oke.
 5. Kemudian tempel kipas dan diikat menggunakan kabel seperti ini:
 6. Gambar tampak dari samping.










7. Taraaaaa udah jadi...... emang agak ribet dan merepotkan siiihh tapi gak ada salahnya untuk dicoba. ane udah coba hasilnya 4 jam ngecas batre dan charger masih tetap dingin, so dapat merawat batre agar tidak cepat menggelembung.

3 komentar: